Tuesday, January 28, 2014

Singapore Itinerary 3D4N for Newbie Backpacker (Day 1)

Kali ini aku mau share cerita perjalanan backpacking ke Singapore beberapa minggu lalu, 10012014 - 13012014.

Ceritanya, untuk perjalanan kali ini, aku berkolaborasi dengan seorang teman, Neko-chan, yang tinggalnya di Denpasar-Bali. Untuk menghemat cost, kita cari penerbangan yang direct ke Changi dan jam arrival-nya ga beda jauh. Aku dapat promo Jetstar, Jakarta-Sing-Jakarta dengan harga Rp. 700ribu sedangkan si Neko-chan dapat promo Tiger untuk Denpasar-Sing-Denpasar, harga tiketnya kalau gak salah Rp.1,5juta-an.

Jumat sore langsung capcus tenggo dari kantor untuk kejar flight jam 8.35. Sempat takut ketinggalan pesawat karena dari siang Jakarta hujan terus dan macet di mana-mana. Untungnya aku bisa sampai di airport setengah jam sebelum batas cek-in habis. Karena kelaperan dan belum makan dari siang, nyempetin jajan dulu sebelum boarding. Lumayan, Cinnamon Roll-nya Starbucks bisa banget ngganjal perut.

Ga lama menunggu, pesawatnya ready dan aku boarding. Ga lupa sebelum matiin hp, mobile network-nya diset off supaya  ga kena roaming di Sing. Tapi kemarin aku lupa non aktifkan paket langganan bbm harian, jadinya pas balik ke Jakarta pulsaku tetap kepotong untuk paket bbm 4 hari padahal ga dipakai sama sekali. Fyuuh...

Satu setengah jam penerbangan akhirnya untuk pertama-kalinya kakiku mendarat di Singapura.

Jadwal kedatangan pesawat Neko-chan masih setengah jam lagi, aku masih sempat sightseeing seputaran Terminal 1 sambil nyari-nyari sky train yang menuju Terminal 2 karena si Neko-chan landingnya di Terminal 2.

Ternyata Changi benar seperti yang diceritakan orang-orang. Fasilitasnya super lengkap. Banyak keran air untuk minum, free internet di banyak lokasi, koneksi WiFi yang super cepat dan ga pake ribet untuk konek ke hp kita. Dan staff bandaranya helpfull banget kalau kita nanya sesuatu. Selain itu di dalamnya ada banyak toko untuk barang-barang branded, mulai dari liquor, barang-barang fashion, toko mainan anak, toko gadget, hampir sama dengan mall yang besaaaaaar banget. Gerai-gerai makanan juga melimpah ruah. Mungkin untuk muterin setiap sudut mulai dari Terminal 1 sampai Terminal 3 kita butuh waktu seharian sendiri.

Ga lama kemudian aku sampai di Sky Train yang menghubungkan Terminal 1 dan Terminal 2. Selain Sky Train, kedua terminal ini juga dihubungkan dengan walkway, tapi aku ga mau buang-buang capek karena belum tau pasi bakal sejauh apa, jadinya aku pilih yang udah pasti ga capek yaitu SKY TRAIN. Oiya, Sky Train ini ada dua posisi. Yang pertama, Sky Train di dalam lokasi imigrasi, yang artinya Sky Train yang bisa kita naiki tanpa melewati pintu imigrasi terlebih dahulu. Yang kedua adalah Sky Train yang letaknya setelah pintu imigrasi. Karena aku dan Neko-chan berencana nginap di Changi untuk malam itu, aku ga mau lewati imigrasi dulu. Karena kalau sudah lapor, kita harus keluar dan ga boleh masuk lagi kecuali kita punya jadwal terbang lagi. Sementara fasilitas-fasilitas yang aku ceritain di awal tadi, itu semua berada di dalam area imigrasi.

Akhirnya Sky Trainnya datang dan aku langsung boarding, oiya sky train ini datangnya 5 menit sekali.

Setibanya di Terminal 2 aku langsung menuju tempat janjian dengan Neko-chan. Untungnya di dekat tempat itu ada colokan untuk nge-charge hp yang udah lowbat banget. Jadi deh, menunggu sambil WiFi-an, bbm-an, fb-an, Whatsapp-an, ga bosan sama sekali.

Hampir pukul 12 malam waktu Singapore, akhirnya aku ketemu juga dengan si Neko-chan. Oiya waktu di Singapore itu sama dengan WITA di Indonesia. Jadi kalau kita berangkat dari Jakarta (WIB), kita harus majuin waktunya 1 jam lebih cepat.

Setelah ketemuan, ga pake lama kita langsung keliling-keliling muterin Terminal 2. Mulai dari lihat-lihat barang bagus di Duty Free (lihat-lihat doank), nyobain internet gratisnya dan foto-foto di setiap sudut yang (menurut kita) keren. Karena menurut kita, jalan-jalan tanpa foto adalah hoax. LoL.

Untungnya kita memang bawa banyak "ransum" dari Indonesia, jadi setelah capek jalan-jalan, bisa isi tenaga tanpa harus beli makanan yang harganya selangit di Changi. Kemarin aku sempat masuk ke 711 yang lokasinya di dalam imigrasi area itu, sakit hati banget ga sih, lihat air minum seukuran Aq*a tanggung itu dilabelin 3.5 SGD yang kalau dirupiahkan nyaris mencapai Rp35 ribu. itu dapat sekardus kali ya kalau beli yang kemasan gelas di Jakarta. Dan di sana, softdrink itu harganya lebih murah dari pada air putih. Giling!!

Di lantai dua kami menemukan area yang banyak dipakai orang untuk istirahat, masih banyak bangku kosong, akhirnya kita langsung atur posisi untuk istirahat sebentar.

Sebenarnya di beberapa lokasi bandara ada disediakan rest area yang memang difasilitasi dengan recliner (sofa empuk yang bisa menyangga sampai kaki, seperti kalau kita ke tempat pijat reflexy), tapi kemarin karena udah malem banget, semuanya penuh dipakai orang-orang yang bermalam di bandara.

Udah nyoba merem tapi tetap aja ga bisa tidur. Entah karena posisi tidurnya ga oke, atau karena terlalu excited jadi ga ngantuk, akhirnya kita memutuskan untuk lanjut muter-muter. Benar aja, di sisi lain bandara kita menemukan Experience Zone.

Di sini sofanya empuk banget dan banyak orang yang tidur di sini. Tapi kemarin hanya ada satu sofa yang kosong, sebagai teman seperjalanan yang bersolidaritas tinggi (halahh..) kami memutuskan cari tempat lain aja. Di sini juga ada layar tv seukuran 100 inch yang bikin kita bisa nonton seperti di bioskop. Kemarin orang-orang pada nonton tayangan bola, seru kali ya serasa nobar gitu, Goall!!

Kalau petugas bandara kita, kemana-mana harus jalan kaki. Buat ngitarin bandara yang seluas itu, petugas di Changi santai aja tanpa ngeluarin keringat sedikit pun. Gimana enggak? Mereka dengan santainya bisa kemana-mana dengan si imut ini.

Trretet,,treteeet.... klaksonnya berbunyi sambil ngedip-ngedipin lampu di bagian belakang itu. Dan akhirnya aku menemukan salah satu dari mereka tanpa pengawasan untuk numpang foto.

Lanjut muter-muter lagi, kami menemukan ini!!!!

Sumpah enak banget waktu kaki kita dipijet, bikin ngantuk euy..

Bener aja, abis reflexy langsung berasa ngantuk. Akhirnya tepar di bangku-bangku terdekat.

Tidur dengan posisi ini, bener-bener bikin badan pegal. Dari pada besok paginya harus bangun dengan badan bengkok, akhirnya aku lebih milih untuk lirik kanan kiri, melihat situasi. Hehe.. Orang-orang udah sepi banget. Tinggal beberapa petugas bandara termasuk Cleaning Service yang sekali-sekali lewat bawa alat pembersih. Tapi kelihatannya mereka cuek aja sama orang-orang yang tidur di bangku, dan bahkan ada beberapa orang yang tidur di lantai, di pojokan. Sempat pusing juga gimana caranya supaya bisa tidur nyaman dengan badan lurus. Tadaaaa!! Dapat ide...

Senang banget waktu nyoba masukin badan ke situ, dan ternyata muat. Haha.. Ternyata aku tidak segemuk yang aku kira. Lumayan bisa terkapar sejam-an, sebelum akhirnya siap-siap untuk memulai petualangan baru di Sing.

Ini dulu cerita untuk Day 1. Aku akan update cerita per-harinya di lain waktu. Sekarang sudah malam, mau pulang dulu (iya, aku masih di kantor).

Oiya, sampai akhir cerita di bagian ini, aku belum mengeluarkan uang sepeser pun selain biaya keberangkatan di Jakarta. Semua makanan yang kami makan adalah bekal yang kami bawa di ransel kami, dan air putih, kami dapatkan secara gratis di bandara. Modalnya hanya tumbler kosong. Hehe.

See you in the next part.

Love,

Me :)

1. FYI tiketku ga semahal itu hon, 1.1juta dps-sin-dps :3

2. yuks ahh, di plan lagi.. sayang bgt ya, wktu itu gagal trip bareng :(

3. Hahaha, aku lupa.. so, anggap aja ini sudah di koreksi ya. 1.1 juta instead of 1.5 juta :D

4. Dear Kak Liska,

perkenalkan, saya Dita. Mau tanya, apa waktu kk nginep di Changi tidak diperiksa boarding pass nya sama tentara?
    Saya dapat kabar kalau kita bukan penumpang transit dan sengaja nginep di Changi, kita akan digiring ke imigrasi. Bagaimana kak? Terima kasih..

5. hayokk. saya mw ke singapore tgl 27 agustus ini. kali aja ad yg mau bareng. 😀

6. hayokk. saya mw ke singapore tgl 27 agustus ini. kali aja ad yg mau bareng. 😀

7. hayokk. saya mw ke singapore tgl 27 agustus ini. kali aja ad yg mau bareng. 😀

8. hayokk. saya mw ke singapore tgl 27 agustus ini. kali aja ad yg mau bareng. 😀